MENGENAI YANZ


Name: yanuarsintoanggoro
Home: SLEMAN PENUH BERKAH, NGAYOGYAKARTA HADININGRAT, Indonesia
About Me: saya adalah orang yang lahir dengan (ALHAMDULILLAH YA ALLAH) kesempurnaan. lahir dari rahim seorang Budi Winarni yang di buahi oleh Sutono. Kini sedang menjalani studi di obat alami UGM. sebuah kampus yang mentereng di Indonesia (semoga aku ikut mentereng karenanya).
See my complete profile

POSTING SEBELUMNYA
BULAN
SAMBUNGAN
Free Web Site Counters
Free Web Site Counters
Senin, 30 Juli 2007
mengenal tokoh wayang :gareng

Gareng

Gareng itu adalah anak dari Gandarwa, akan tetapi, merupkan anak angkat Semar. Nala Gareng adalah anak yang paling tua. Julukan lainnya adalah Pancalpamor , Pegatwaja<> (aku rada kesindir), menyingkiri makanan yang enak-enak tetapi mendatangkan penyakit, Nala Gareng .

Gareng sering dilambangkan dengan :

  1. tangan yang ceko , berarti tidak pernah mencuri.

2. gejik sikile , berarti selalu berhati-hati . dalam bertindak

Nala Gareng berwatak suka bercanda (humoris), walaupun omongnya kalah kemrecek jika ditandingkan dengan adiknya Petruk, sembrana tapi tidak kelewatan, suka menolong, dan setia pada bandara.

Gareng punya anak bernama Natawati. Gareng juga pernah jadi raja di negara Parang Gumewang dengan nama Pandhu Bergola. Prabu Padhu Bergola juga sakti mandraguna, semua negara yang angkara murka ditaklukkannya. Saudaranya, Semar, Petruk dan Bagong jadi kebingungan karena kehilangan Saudara. Setelah mulia, Prabu Pandhu Bergola agak sombong untuk menaklukkan Ngamarta. Semua satria pandawa kalah. Kresna waspada dan memanggil Semar. Semar menyuruh agar Petruk yang melawannya. Prabu Pandhu Bergola berubah jadi gareng. Lalu keduanya ulung-ulengan gelut (bertengkar seperti anak)lalu dipisah oleh Semar.

Setelah ditanya apa sebab ingin menguasai Ngamarta, Gareng berkata bahwa para majikannya agar tidak terlena. Jangan setelah mapan dan berwibawa, kurang waspada, nanti bakan terjatuh.

posted by yanuarsintoanggoro @ 01.54  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home